Sunday, April 17, 2011

Tugas resume belajar : William Kaye Estes


ada yang tau pandangan estes tentang pendidikan dan aplikasinya dalam psikologi ? sudah searching dari tadi ga dapat... :(
ya sudah, besok paling kumpul se-adanya..
semoga berguna :))
- William Kaye Estes -

1.         Konsep Teoritis Utama

Asumsi 1. Situasi belajar terdiri dari banyak elemen stimulus dalam jumlah tertentu. elemen-elemen ini terdiri dari banyak hal yang dapat dialami pembelajar pada awal percobaan belajar. Stimuli-stimuli itu bisa mencakup kejadian eksperimental seperti cahaya, suara berisik, materi verbal yang disajikan dalam dram memori.
Asumsi 2. Semua respon yang diberikan dalam situasi eksperimental dapat digolongkan menjadi dua kategori. Jika responnya adalah yang dicari oleh eksperimental (seperti keluarnya air liur) Ia dinamakan respon A1. Jika responnya adalah yang dicari oleh eksperimental, ia adalah respon yang keliru dan diberi respon A2.
Asumsi 3. Semua elemen di S diletakkan dengan A1 atau A2. Sekali lagi, ini adalah situasi all or nothing: semua unsure stimulus dalam S adalah dikondisikan ke respon yang diinginkan atau benar(A1) atau kerespon yang keliru(A2).
Asumsi 4. Pembelajaran terbatas kemampuannya dalam mengalami S. pembelajar hanya mengalami sebagian dari stimuli yang tersedia. Pada setiap percobaan belajar, dan besarnya sampel diasumsikan tetap konstan disepanjang eksperimen.
Asumsi 5. Percobaan belajar berakhir ketika respon terjadi; jika respon A1 menghentikan percobaan elemen-elemen stimulus dikondisikan dalam respon A1.
Asumsi 6. Elemen ditetha dikembalikan ke S pada akhir percobaan, dank arena tetha yang dijadikan sampel pada awal percobaan belajar pada dasarnya adalah acak, proporsi elemen yang dikondisikan ke A1 dalam S akan tercermin dalam elemen dalam tetha pada awal setiap percobaan baru.
Generalisasi
Generalisasi dari situasi belajar awal ke situasi belajar lainnya dapat dengan mudah dijelaskan dengan teori sampling stimulation. Transfer terjadi sepanjang dua situasi memiliki elemen stimulus yang sama. Jika banyak dari elemen yang sebelumnya dikondisikan ke respon A1 ada didalam situasi belajar yang baru, probabilitas respon A1 akan muncul ke dalam situasi baru itu akan cukup tinggi.
Pelenyapan
Estes menjelaskan problem pelenyapan dengan cara yang pada dasarnya sama dengan yang dilakukan Guthrie karena dalam pelenyapan satu percobaan biasanya diakhiri setelah subjek melakukan sesuatu selain A1, elemen stimulus yang sebelumnya dikondisikan ke A1 pelan-pelan akan kembali lagi ke A2. Hukum untuk akuisisi dan pelenyapan adalah sama.
Pemulihan Spontan
Merupakan munculnya kembali respon yang dikondisikan setelah respon itu mengalami pelenyapan.
Pencocokan Probabilitas


2.      Pandangan Estes  tentang Pendidikan

3.      Aplikasi teori dalam Psikologi

5 komentar:

ayoew said...

astaga...
blog dj skalinya.sdh senang bnar ak dpt d gugel pandangan dgn aplikasinya.skalinya sama kayak punyaku jua...

Fhamulan said...

Hahahaha,intinya jr buhannya td,aplikasi estes itu psikologi matematika.hohoho

fani said...

bahh ai jua,,,

Fhamulan said...

Apanya kah fani nehh

Wara said...

jadi, aplikasinya dalam belajar dan dunia pendidikan apa ya???

Post a Comment

Apa yang anda pikirkan?? Hihihi