Friday, March 4, 2011

Masalah garis-garis hitam pada televisi


Sebenarnya ga ada masalah dengan tv, sebenarnya cuma gak pengen ngebuang hasil jepretan hp vs tv.. tapi berhubung kalau majang foto doang gak ada artinya,  mending dijadikan media informasi..


Mengapa kalau handphone didekatkan dengan televisi akan timbul garis-garis (seperti yang terlihat dibeberapa foto disini)?
 

 jawaban dicomot dari Yahoo! Answer : http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080805004730AATPbIH


Televisi bekerja karena adanya tembakan elektron pada sinar katoda yang dihasilkan ke layar kaca yang bisa memendarkan cahaya dengan warna yang berbeda. Sifat dari elektron-elektron tersebut adalah dapat terpengaruh oleh adanya medan magnet. Sehingga magnet, atau perangkat lain yang dapat menimbulkan gelombang elektromagnetik, akan mengganggu pancaran/tembakan sinar katoda tersebut ke kaca, sehingga bauran sinar yang terjadi mengalami gangguan/tidak seperti seharusnya. Hal ini berlaku pada seluruh perangkat yang berbasis tabung katoda, termasuk monitor komputer.
Bila kamu menggunakan komputer dengan monitor tabung/konvensional, silahkan dicoba kamu tempel magnet di kacanya (dalam posisi menyala), tentu akan terjadi perubahan warna pada bagian yang ditempel tersebut. Hal ini terjadi karena elektron yang terpancar pada sinar katoda yang ditembakkan ke layar kaca sisi dalam mengalami pembelokan arah karena terpengaruh medan magnet tersebut, sehingga biasan warna yang dihasilkan pada bagian tersebut berubah. Hal serupa juga berlaku karena HP yang memancarkan/menerima gelombang radio. Saat ada telepon/pesan masuk/keluar, maka gelombang radio tersebut mempengaruhi arah elektron pada tembakan sinar katoda. Meski gangguan pada elektron yang dihasilkan dari pengaruh medan magnet agak berbeda dengan pengaruh gelombang radio, namun prinsipnya adalah sama.
 

Semoga bermanfaat :)
Foto dari : Putri yang tertukar, catatan harian baim, islam KTP, iklan pond anti jerawat :D

0 komentar:

Post a Comment

Apa yang anda pikirkan?? Hihihi