Sunday, February 7, 2010

Beberapa Fakta Tentang Depresi

Depresi atau tekanan jiwa adalah sesuatu yang nyata dan dapat diatasi. Pemahaman terhadap fakta-fakta mengenai depresi dapat membantu mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa fakta mengenai depresi yang perlu diketahui.

1. Depresi adalah sesuatu yang lebih daripada sekadar kesedihan.
Kesedihan adalah bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia, sebuah reaksi terhadap sesuatu yang menyakitkan yang terjadi dalam lingkungan orang yang bersangkutan. Depresi adalah penyakit fisik dengan gejala yang lebih banyak daripada suasana jiwa yang tidak bahagia.

2. Depresi tidak harus selalu beralasan.
Terkadang seseorang mengalami depresi dikarenakan alasan-alasan yang nyata. Tetapi depresi secara klinis dapat terjadi tanpa disertai alasan yang jelas atas apa yang dirasakan orang yang bersangkutan. Zat-zat kimia dalam otak yang bertanggung jawab atas kendali suasana jiwa (mood) berada pada keadaan yang tidak seimbang. Pada akhirnya seseorang dapat merasa tidak baik walaupun kehidupannya berjalan baik-baik saja.

3. Anak-anak tidak kebal terhadap depresi.
Mitos yang beredar adalah bahwa masa kanak-kanak adalah masa yang menyenangkan dan bebas. Anak-anak memang tidak mengalami masalah seperti yang dialami orang dewasa tapi ini bukan berarti mereka tidak dapat menderita depresi. Anak-anak mempunyai jenis stres yang khas dalam dunianya seperti bullying dan masalah pertemanan.

4. Depresi adalah penyakit yang nyata.
Depresi adalah penyakit yang nyata yang disebabkan oleh ketidakseimbangan zat-zat kimia dalam otak

5. Depresi dapat diatasi.
Seseorang tidak harus merasa menderita saat terkena depresi. Ada banyak pilihan penanganan yang tersedia seperti meditasi dan psikoterapi.

0 komentar:

Post a Comment

Apa yang anda pikirkan?? Hihihi