Friday, February 5, 2010

Kurang tidur bisa bikin GILA!




Anda merasa sulit tidur. Atau waktu tidur Anda berkurang karena aktifitas yang tinggi? Hati-hati karena hal itu akan mempengaruhi kesehatan jiwa Anda!



Gangguan tidur yang megakibatkan waktu tidur berkurang ternyata dapat mempengaruhi kesehatan jiwa.Hali itu diungkap oleh peneliti asal Universitas Harvard, Amerika Serikat yang detikhot kutip dari Telegraph, Kamis (19/2/2009).

Menurut para peneliti tersebut, kurang tidur berakibat langsung pada mental seseorang. Efek samping yang paling sering terjadi adalah depresi. Namun banyak juga yang mengalami kesulitan untuk konsentrasi (Attention Deficit Disorder). Selain itu stres dan depresi juga bisa dialami seseorang yang kurang tidur.

Penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa saat seseorang kurang tidur, maka terjadi berubahan fluktuasi hormon dalam tubuh. Hormon-hormon yang megatur kondisi kejiwaan seseorang pun ikut berubah. Sehingga kondisi mental dan kejiwaan bisa terpengaruh karenanya.

Sayangnya belum ada data yang jelas mengenai pasien yang mentalnya terganggu karena kurang tidur. Para peneliti itu hanya menghimbau untuk tak menyepelekan gangguan tidur. Sebaiknya segera konsultasikan keadaan tersebut pada dokter Anda.

0 komentar:

Post a Comment

Apa yang anda pikirkan?? Hihihi