Tuesday, February 2, 2010

tips kulit sehat


Cuaca panas nggak bersahabat memang nggak bisa dihindari. Jari harus tahu nih trik yang tepat buat melindungi diri…

Sinar matahari pagi memang bagus buat kesehatan tulang. Tapi kalau kebanyakan, kulit akan menghitam. Apalagi di masa perubahan musim seperti sekarang, cuaca kadang panas dan terik banget.

Matahari dan spf

Selain kita butuhkan untuk membentuk vitamin D, yang menyehatkan, sinar matahari juga punya pengaruh buruk lho, karena terdiri dari UV B, yang bisa menyebabkan kulit terbakar, dan UV A, yang menyebabkan kulit terbakar dalam jangka waktu yang lama (Waduh !).

Kita nggak perlu berjemur untuk ngedapetin vitamin D, karena Indonesia adalah negara tropis yang mataharinya bersinar sepanjang tahun. Justru kita harus melindungi diri dari pengaruh buruknya. Wajib banget pakai lotion yang mengandung tabir surya atau sunblock kalau banyak aktivitas luar ruang.

Pasti tahulah istilah SPF atau Sun Protection Factor, dong. Sekarang banyak banget lotion dan kosmetik yang dilengkapi SPF. Dari mulai SPF 15, SPF 30, sampai SPF 70. semakin tinggi SPF-nya, berarti semakin lama juga melindungi kulit kita.

Jadi, tiap keluar rumah, kita perlu…..
· Pakai lotion atau suncreen yang mengandung SPF minimal 15.
· Jaket berbahan kaos tipis, yang bisa nutupin lengan tapi nggak gerah kalau dipakai siang hari
· Payung, berguna banget diwaktu hujan dan panas terik!
· Topi, buat meneduhkan wajah kita kalau banyak kegiatan dilapangan sekolah
· Buat yang naik sepeda motor, WAJIB pakai kaus tangan dan kaus kaki, supaya punggung tangan dan kaki nggak gosong. Jangan sampai nyesel abis ngelihat belangnya punggung tangan dengan lengan. Kacamata hitam juga penting, biar mata nggak jet lag pas masuk ruangan.
· Lip balm atau lip gloss. Selain kulit tubuh, kulit bibir juga gampang banget kering karena cuaca panas. Asal tau aja ya, bibir juga bisa kena penuaan dini loh…

Ssssttt…. Ada cara perlindungan dari dalam juga lho!
· Perlundungan dari dalam juga sama pentingnya. Minum banyak air putih buat mengganti keringat yang keluar dan ngejaga kulit supaya nggak kering.
· Meskipun nggak melindungi kulit 100%, banyak makan sayur dan buah juga bagus buat mengatasi pengaruh sinar matahari. Karena zat anti oksidan di sayur dan buah bisa menangkal radikal bebas. Coba brokoli yang dikukus, wortel, dan strawberry.

0 komentar:

Post a Comment

Apa yang anda pikirkan?? Hihihi